Minggu, 30 September 2012

Siapakah Presiden AS Paling "Hijau?"

Hijau bukan dalam artian muda. Melainkan paling peduli terhadap keberlangsungan lingkungan negaranya.

presiden amerika serikat,theodore teddy rooseveltPresiden Amerika Serikat ke-26 Theodore “Teddy” Roosevelt. (Thinkstockphoto)

Tujuh bulan jelang pemilihan presiden Amerika Serikat, sebuah majalah yang berbasis di Toronto, Kanada, Corporate Knights, menggelar jajak pendapat. Isi pertanyaannya adalah: siapa presiden AS paling "hijau?"
Hijau bukan dalam artian muda. Melainkan paling peduli terhadap keberlangsungan lingkungan negaranya. Hasilnya dari 44 presiden dalam 223 tahun, Presiden Amerika Serikat ke-26 Theodore “Teddy” Roosevelt dinobatkan sebagai paling "hijau" dalam sejarah Negeri Paman Sam.

Presiden yang menjabat sejak tahun 1901 hingga 1909 ini dianggap berjasa dalam menetapkan kebijakan konservasi untuk sumber daya alam AS. Disusul kemudian oleh Richard Nixon, presiden AS ke-37. Ia mendirikan Agensi Perlindungan Lingkungan (EPA). Juga menandatangani kebijakan undang-undang lingkungan yang menjadi hukum tetap.

Jajak pendapat dilakukan melalui survei pada 12 organisasi lingkungan. Masing-masing organisasi mengirimkan satu wakilnya untuk memberikan suara. "Menentukan presiden terhijau cukup menyulitkan," ujar Tyler Hamilton, Pemimpin Redaksi Corporate Knights.

Ditambahkannya, penilaian yang menyulitkan adalah menentukan antara niat dan aksi seorang presiden dalam melestarikan lingkungan. Jimmy Carter misalnya, Presiden AS ke-39 itu punya niat terbaik untuk kebijakan hijau. Namun, kesuksesannya terbatas jika dibandingan Nixon.
"Ia (Nixon) tak punya jiwa hijau di tubuhnya, tapi secara politis termotivasi untuk menyelesaikan suatu pekerjaan," kata Hamilton.

Menurut Mark Tercek, CEO dari The Nature Conservancy, semua orang di dunia tergantung pada alam dan lingkungan. Ini semua demi keberlangsungan hidup dan kesejahteraannya.
(Zika Zakiya. Sumber: Corporate Knight)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Be Fans

Anggota

Clock

my hamster